Rabu, 09 Mei 2012

Peringatan Hari Kartini di SMA N 1 SEWON




            Kita mengenal Ibu Kartini sebagai pejuang hak persamaan derajat wanita pada zaman penjajahan Belanda. Pemikiran beliau mengenai hal tersebut membawa perubahan yang cukup berpengaruh bagi bangsa Indonesia saat ini. Di samping pemikiran dan ide-ide, beliau juga melakukan tindakan untuk mewujudkannya. Ibu Kartini berpikiran bahwa wanita tidak hanya mengurusi kehidupan rumah tangga, namun juga berhak untuk mendapatkan pendidikan yang setara dengan laki-laki. Oleh karena itu, beliau mencoba untuk menghidupkan ide-ide dan pemikiran tersebutmenjadi sesuatu yang nyata. Salah satu perwujudtannya yatu beliau membangun tempat kursus menjahit, memasak, menyulam, sebagai bekal bagi para wanita untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Namun sayang, belum sempat beliau menikmati hasil jerih payahnya, Tuhan telah memanggil beliau.


            Kemudian setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang bertepatan dengan tanggal lahir beliau. Biasanya sekolah-sekolah mengadakan perlombaan Dimas-Diajeng untuk memeriahkan Hari Kartini. SMA N 1 Sewon juga tidk mau ketinggalan untuk ambil bagian. Pada hari Sabtu, 28 April 2012 dengan tema “HABIS GELAP TERBITLAH MOVE ON”, diadakan lomba Dimas-Diajeng, Lomba Poster dan Lomba Beras (Bebarengan Kelas). Peserta Dimas-Diajeng dari kelas X dan XI. Setiap kelas mengikutkan wakilnya dalam lomba tersebut sehingga ada 18 pasang Dimas-Dajeng.         Untuk Lomba Poster setiap kelas megirimkan perwakilan maximal 3 orang dimenangkan oleh juara 2 dari XD dan juara 1 dari XG. Dan lomba Bebarengan Kelas di menangkan oleh XI IPA 5
            Bagi lomba Dimas-Diajeng, penilaian didasarkan oleh beberapa poin, antara lain kostum, bakat, dan jawaban pertanyaan. Setelah seluruh peserta selesai berdandan, selanjunya mereka menuju aula yang sudah dipadati oleh penonton yang sangat antusias. Setiap pasang Dimas-Diajeng mendapatkan nomor urut dan dari nomor urut tersebut mereka harus terlebih dahulu berjalan di stage yang telah disediakan panitia. Setelah itu, peserta menunjukkan bakatnya, kemudian mengambil undian pertanyaan dan kemudian di jawab dan di nilai oleh dewan juri yang terdiri dari Bu Endang Hepriyatini, Bu Nohan Kelaswara, dan Bu Nur Rahadi Luwis. Setelah selesai, peserta kembali ke tempat duduk. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh Paduan Suara SMA N 1 Sewon.
            Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya dewan juri memutuskan yang menjadi Dimas SMA N 1 Sewon adalah Muhammad Renaldi El-Hakim dari XI IPS 3. Sedangkan Diajeng SMA N 1 Sewon diraih oleh dari Catherina Putri XI IPS 4. Kemudian berfoto bareng dengan dewan juri dan Bapak Kepala Sekolah. Acara tidak akan berjalan lancar tanpa koodinasi yang baik dari panitia yang terdiri dari OSIS dan MPK Wjaya Bhakti, serta para pennton yang telah berpartisipasi dengan tertib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar